ESSAY
ALIANSI STRATEGIS
Disusun oleh :
Grecia
Pakpahan (7311413203)
Icha
Puspitaning D. (7311413241)
JURUSAN
MANAJEMEN
FAKULTAS
EKONOMI
UNIVERSITAS
NEGERI SEMARANG
2015
ALIANSI
STRATEGIS
Dalam
pertumbuhan ekonomi dunia yang semakin pesat, banyak perusahaan-perusahaan baru
yang tumbuh dan berkembang. Perusahaan-perusahaan baru yang tumbuh dan
berkembang tersebut tidak lepas dari kemampuan manajemen dalam mengatur
strategi apa yang akan digunakan untuk terus berkembang dan maju, tidak hanya
perusahaan-perusahaan baru yang berkembang saja yang membutuhkan dan
menggunakan strategi dalam mengatur manajemen perusahaannya, perusahaan-perusahaan
yang sudah lama ada dan sukses pun tidak dapat lepas dari berbagai strategi
yang dilakukan bahkan dipersiapkan oleh perusahaan tersebut. Salah satu
strategi yang penting untuk dilakukan oleh sebuah organisasi atau perusahaan
adalah aliansi strategis. Aliansi strategis adalah hubungan formal antara dua
atau lebih kelompok untuk mencapai satu tujuan yang disepakati bersama ataupun
memenuhi bisnis kritis tertentu yang dibutuhkan masing masing organisasi secara
independen. Hubungan kerjasama dalam aliansi strategis harus didasarkan atas
kerjasama yang berkesinambungan, dengan prinsip mempertukarkan atau
mengintegrasikan pada satu atau lebih yang tidak pokok seperti teknologi,
produk dan jasa, keterampilan tertentu serta akses pasar (Yoshino & Rangan 1995; Hamsal 1997). Aliansi strategi memiliki
ciri dan dimensi tertentu serta efektifitasnya memerlukan berbagai persyaratan
dan beberapa kriteria. Kriteria yang terpenting adalah integritas yang menunjukkan
kemampuan mitra usaha untuk bersikap jujur, etis, dan menjaga kepercayaan yang
diberikan selama aliansi berlangsung.
Aliansi
strategis pada umumnya terjadi pada rentan waktu tertentu, selain itu pihak
yang melakukan alinsi bukanlah pesaing langsung namun memiliki kesamaan produk
atau layanan yang ditujukan untuk target yang sama. Dengan melakukan aliansi
maka pihak-pihak yang terkait haruslah menghasilkan sesuatu yang lebih baik
melalui sebuah transaksi. Aliansi strategis biasanya digunakan perusahaan untuk
berbagai hal seperti mengurangi biaya melalui skala ekonomi atau pengingkatan
pengetahuan, meningkatkan akses pada teknologi baru, melakukan perbaikan posisi
terhadap pesaing memasuki pasar baru, Mengurangi waktu siklus produk, memperbaiki
usaha-usaha riset dan pengembangan serta memperbaiki kualitas perusahaan.
Strategi
aliansi dapat dilakukan perusahaan dengan beberapa cara yaitu dengan aliansi
kontrak non tradisional, penyertaan atau pertukaran modal, joint venture, lisensi dan franchising
serta konsorsium.
A. Aliansi
kontrak nontradisional adalah perjanjian kesepakatan
antara pihak-pihak yang mengadakan dan menandatangani kontrak untuk menyelenggarakan
suatu pekerjaan tertentu. Aliansi kontrak nontradisional pada umumnya dilakukan
menurut proyek tunggal. Dalam aliansi ini satu perusahaan tidak melakukan
pengendalian formal terhadap aktivitas maupun kebijaksanaan bisnis perusahaan
lain. Dalam aliansi kontrak nontradisional ini dikenal dalam dua bentuk kontrak
yaitu :
1. Kontrak
kerjasama manajemen (joint of management)
adalah kontrak yang ditawarkan satu badan usaha kepada pihak lain untuk bersama
sama mengelola usaha yang dimiliki.
Contoh
: A-PLUS
HOTELS , adalah perusahaan Jasa Konsultan Hotel & Manajemen
hotel yang terus mengembangkan sayap usahanya di kota-kota besar Indonesia,
telah membantu banyak investor / pemilik bisnis di seluruh Indonesia dalam menemukan
solusi bisnis yang cerdas, inovatif dan menguntungkan. A-plus Hotels
Management, telah menjalin kerjasama dengan PT. BASM sejak awal dimulainya
proyek hotel dengan memberikan jasa Hotel
Technical Services, Hotel
Pre-opening and Set-up kemudian berlanjut
pada Kerjasama
Pengelolaan dan Hotel Management
2.
Kontrak kerjasama operasi (joint of operation) adalah bentuk
kontrak yang ditawarkan oleh satu badan usaha kepada pihak lain untuk bersama-sama
menanamkan modalnya dalam salah satu usaha yang dimilikinya, selanjutnya kedua
belah pihak secara bersama sama atau bergantian mengelola manajemen dan proses
operasionalnya.
Contoh
: adanya kerjasama operasi yaitu “KSO Pembangunan Jaya Property”
Perjanjian KSO
dibuat oleh PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk dengan PT Jaya Real Property Tbk
B. Penyertaan
atau pertukaran modal (Equity invest) adalah bentuk
aliansi yang mirip dengan kontrak tetapi memungkinkan dilakukan dalam beberapa
proyek. Penyertaan atau pertukaran modal pada umumnya dilakukan dalam bentuk
pembelian saham milik suatu badan usaha oelh pihak lain atau sebaliknya. Jenis
usaha dimana dilakukan penyertaan atau pertukaran modal ditentukan oleh badan
usaha yang menjual sahamnya dengan lama pemilikan saham yang tidak dibatasi.
Contoh : Penyertaan Modal Daerah Kepada Perusahaan
Daerah Air Minum Kabupaten Sinjai. Penyertaan modal daerah adalah untuk
memperkuat struktur permodalan PDAM dan meningkatkan kapasitas usaha serta
menumbuh kembangkan potensi daerah dalam rangka meningkatkan pendapatan asli
daerah.
C. Joint
venture
adalah
adalah hubungan kerjasama antara dua pihak atau lebih untuk membuat satu
perusahaan atau bisnis. Kedua belah pihak telah setuju untuk memberikan modal
mereka untuk membangun usaha baru dan membuat satu perjanjian yang saling
mengikat diantara mereka. Pihak yang terlibat bisa berasal dari luar negeri
atau dalam negeri.
Contoh : Indofood dengan Nestle
Dua perusahaan yakni PT Indofood Sukses Makmur Tbk
(Indofood) dan Nestle S.A (Nestle), Switzerland, membentuk perusahaan patungan
(joint venture). Perusahaan joint venture itu adalah PT Nestle Indofood
Citarasa Indonesia.
Perusahaan
joint venture itu akan fokus di bisnis kuliner (bumbu penyedap makanan).
Menurut CEO PT Indofood Anthoni Salim, pendirian usaha patungan baru ini, akan
menciptakan peluang memperbesar pangsa pasar. Sebab, dua perusahaan besar ini
akan saling memanfaatkan dan mengembangkan kekuatan yang dimilikinya.
D. Lisensi
dan franchising
Licensing atau lisensi
adalah sebuah bentuk hubungan kerjasama dimana pemilik hak dari sebuah kekayaan
intelektual, seperti hak merek dagang, paten, copyright, disain industri dan
lain sebagainnya, membolehkan pihak lain untuk mengggunakan salah satu dari hak
yang dimilikinya dengan pengganti uang bayaran atau biaya lisensi (dapat berupa
sejumlah uang atau royalti). Pihak lain tersebut atau licensee akan menggunakan
hak kekayaan interlektual itu serta memproduksinya untuk berbagai keperluan dan
menjualnya kepada publik. Antara pemilik
hak dan pengguna hak kekayaan intelektual terdapat sebuah kontrak perjanjian
yang saling mengikat antara keduanya. Pengguna hak akan dibatasi oleh berbagai
aturan yang melekat pada penggunaan hak kekayaan intelektual tersebut, seperti
apa dan bagaimana hak kekayaan itu digunakan terutama dalam kaitan kualitas
produk atau jasa dimana hak kekayaan itu melekat. Namun, walau bagaimana pun lisensi
lebih longgar dari sisi ketentuan dibandingkan dengan franchise. Dimana dalam
lisensi pihak pengguna hak kekayaan tidak diharuskan untuk menggunakan sistem
bisnis yang dikeluarkan pihak pemilik lisensi, begitu juga pihak pemilik
lisensi tidak melatih dan mengajarkan bagaimana cara menjalankan sebuah bisnis.
Contoh : Perusahaan Warnes Bros
Consumer Product (WBCP) saat ini memiliki sekitar 3.700 lisensi dan terus
berupaya menawarkan lisensi lain terutama produk hiburanm. Salah satu lisensi
yang ingin dijual adalah The Dark Night Rises yang merupakan salah satu film
Batman.
Sejumlah lisensi yang sudah pernah
dijual oleh Warnes Bros adalah tokoh superhero seperti Batman, Superman,
Wonderwoman, The Flash, dan karakter film kartun lainnya. Seluruh lisensi dari
karakter kartun ini dimiliki salah satu unit bisnis Warner Bros, DC Nation.
Pundi pendapatan warnes Bros juga semakin menebal dengan penjualan lisensi untuk produk kartun Looney Tunes yang salah satunya dibeli oleh Cartoon Network lewat program The Looney Tunes Show. Cartoon Network juga membeli lisensi untuk program ThunderCatas pada tahun 2011. Selain Cartoon Network, selama ini perusahaan pembeli lisensi dari Warnes Bros diantaranya Green Lantern, Mattel, DC Entertaianment and Nick Grace of Water Lane Productions
Pundi pendapatan warnes Bros juga semakin menebal dengan penjualan lisensi untuk produk kartun Looney Tunes yang salah satunya dibeli oleh Cartoon Network lewat program The Looney Tunes Show. Cartoon Network juga membeli lisensi untuk program ThunderCatas pada tahun 2011. Selain Cartoon Network, selama ini perusahaan pembeli lisensi dari Warnes Bros diantaranya Green Lantern, Mattel, DC Entertaianment and Nick Grace of Water Lane Productions
Franchising (Franchise)
atau waralaba adalah sebuah kontrak hubungan kerjasama antara pihak franchisor
(pemilik bisnis) dan pihak franchisee (investor), dimana franchisor membolehkan
franchisee untuk menggunakan merek dagang dan sistem bisnisnya, serta
memberikan pelatihan dan petunjuk bisnis dan melakukan kontrol serta pengawasan
keatasnya, sebagai pengganti franchisee diminta memberikan sejumlah bayaran
untuk semua itu. Ada dua jenis bayaran yang mesti dikeluarkan oleh franchisee
yaitu franchisee fee (biaya franchise) dan royalty fee (biaya royalti) yang
dibayar secara berkelanjutan dan terus menerus selama kontrak hubungan
berjalan.
Contoh : Ayam Bakar
Wong Solo
Paket Franchise
Wong Solo menawarkan
paket Franchise selama 10 tahun (hak waralaba) dengan paket-paket sebagai berikut
1. Paket A
1.000.000.000 dengan kapasitas 200 seats
2. Paket B 800.000.000
dengan kapasitas 150 seats
3. Paket C 600.000.000
dengan kapasitas 125 seats
4. Paket D 400.000.000
dengan kapasitas lebih kurang 80 seats
5.
Paket
E 50.000.000 (kaki lima)
Dana tersebut termasuk
franchise fee 10 tahun, pembangunan rumah makan, pembelian peralatan, preparasi
dan pra operasi (tidak termasuk sewa tanah) Rumah makan Wong Solo mengenakan
royalti fee 6% dari penjualan setiap bulan.
E. Konsorsium
adalah pembiayaan bersama suatu proyek atau perusahaan yang dilakukan oleh dua
atau lebih bank atau lembaga keuangan. Konsorsium juga berarti hubungan besar
yang saling terkait antara perusahaan-perusahaan dalam suatu industriada
berbagai jenis konsorsium antara lain. Jenis-jenis konsorsium yaitu gabungan
beberapa pengusaha/industriawan yang mengadakan suatu usaha (proyek) bersama, kumpulan
pedagang dan industriawan, pembiayaan bersama suatu proyek oleh beberapa bank
atau lembaga keuangan, gabungan berbagai organisasi (sosial, kepemudaan) untuk
mengadakan aktivitas/gerakan bersama (biasanya secara tetap), namun
masing-masing tetap berdiri sendiri-sendiri, himpunan para pakar/sarjana dari
disiplin ilmu/bidang yang sama untuk mengurus kepentingan bersama.
Contoh :
1. PT Bank CIMB Niaga, Tbk., dan perusahaan asuransi PT
AON Indonesia, membentuk konsorsium dalam upaya untuk melakukan penutupan
asuransi pembiayaan kapal. Konsorsium tersebut beranggotakan sejumlah
perusahaan asuransi di Indonesia. "Perlu adanya ikatan jaminan pada kapal-kapal
yang akan kami biayai," kata Direktur Commercial Banking dan Syariah CIMB
Niaga, Handoyo Soebali di Jakarta, Jumat (20/4). Menurut dia, jasa perkapalan
merupakan peluang bisnis yang menjanjikan. Beberapa perusahaan asuransi yang
bergabung dalam konsorsium ini adalah Asuransi Sinar Mas, Asuransi Jasindo,
Asuransi ACA, Asuransi Wahana Tata, dan Asuransi Jaya Proteksi yang merupakan
perusahaan asuransi rekanan CIMB Niaga. Dijelaskan Handoyo ke media massa,
sejak akhir 2011 lalu hingga saat ini, portofolio perkapalan yang dimiliki Bank
CIMB Niaga mencapai Rp 2,5 triliun. Jumlah ini naik 31,5 persen dibanding
periode 2010 yang mencapai sekitar Rp 1,9 triliun. "Pembiayaan lebih
banyak kita salurkan di wilayah Jakarta, Batam, dan Kalimantan Timur,"
terang Handoyo. Tambah dia, industri kapal muatan, khususnya bidang batubara,
adalah yang paling banyak memberikan kontribusi pada pertumbuhan Bank CIMB
Niaga.
2. PT
ANTAM Tbk (IDX-ANTM; ASX-ATM) mengumumkan bahwa perusahaan telah menetapkan
konsorsium PT Nava Bharat Indonesia dan PT Indika Energy Tbk. sebagai calon
mitra kerjasama dalam pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Pomalaa.
Pembangunan PLTU Pomalaa merupakan bagian dari rencana ANTAM untuk menurunkan
biaya produksi feronikel yang saat ini menggunakan energi listrik dari
Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) III berkapasitas 102MW yang dimiliki
ANTAM.
ANTAM bersama dengan konsorsium terpilih
akan membentuk perusahaan patungan yang akan membangun PLTU berkapasitas 2x75
MW di Pomalaa yang akan menggantikan PLTD III untuk memasok listrik bagi
kebutuhan pabrik feronikel ANTAM. Rencananya, komposisi kepemilikan saham di
perusahaan patungan adalah konsorsium terpilih 80% dan ANTAM 20% dengan
estimasi awal biaya proyek PLTU adalah US$300 juta.
Menyusul penetapan tersebut, ANTAM dan
konsorsium terpilih akan menyepakati beberapa perjanjian terkait pendirian
perusahaan patungan serta melakukan beberapa studi terkait proyek seperti aspek
teknis dan lingkungan. Setelah itu, perusahaan patungan tersebut akan melakukan
pencarian pendanaan. Awal konstruksi PLTU diperkirakan dapat dimulai di akhir
tahun 2010 dengan operasi komersial tahun 2013. ANTAM akan menggunakan PLTD
yang ada saat ini sebagai back up pasokan listrik ke pabrik feronikel. Guna
mendukung rencana pembangunan PLTU dalam hal pasokan batubara, ANTAM saat ini
juga tengah menjajaki rencana akuisisi wilayah pertambangan batubara.
Telah
dijabarkan beberapa bentuk dari aliansi strategis yang dapat digunakan oleh
perusahaan untuk mengembangkan usahanya. Penerapan salah satu bentuk dari
aliansi strategis pada perusahaan agar dapat berdaya guna serta berhasil perlu
dilakukan penjabaran tentang rencana kerja perusahaan agar tujuan jangka
panjang serta tujuan jangka pendek perusahaan mampu tercapai. Selain melakukan
penjabaran rencana kerja, perlu diadakan pula evaluasi keefektifan dari
strategi yang diterapkan sesuai dengan perubahan lingkungan perusahaan.
DAFTAR
PUSTAKA
Play Casinos with Mapyro Real Money
BalasHapusFind 시흥 출장마사지 Casinos with Mapyro Real Money in 2021. 광명 출장안마 Best Casinos With Mapyro 충청북도 출장샵 Real Money - Mapyro 제주 출장마사지 Real 익산 출장샵 Money USA 2021.